Tuesday, December 24, 2019

KESIMPULAN DAN SARAN (Perancangan Tenik Industri)


BAB VIII
KESIMPULAN DAN SARAN
8.1              Kesimpulan
       Kesimpulan merupakan jawaban yang dibuat berdasarkan tujuan penulisan laporan akhir Praktikum Perancangan Teknik Industri 2 untuk setiap modul. Berikut adalah kesimpulan dari laporan akhir Praktikum Perancangan Teknik Industri 2 untuk setiap modul.
1.        Penurunan Konsep
a. Kebutuhan pelanggan yang diturunkan untuk perancangan produk rak toples yaitu fitur tambahan, jenis material, produk berukuran sedang, dan ketahanan.
b.  Jumlah kombinasi konsep yang dihasilkan terhadap produk Rak Toples yaitu sebanyak 16 konsep.
2.        Pemilihan Konsep
a.  Konsep terpilih merupakan konsep yang memiliki nilai akhir tertinggi sebesar 16 dan memiliki peringkat 1, yaitu konsep M dan N yang memiliki keterangan C1. Konsep alternatif kombinasi 1 atau C3 didapatkan dari nilai akhir yang memiliki nilai sebesar 14 dan peringkat 3, yaitu konsep E dan F. Konsep alternatif  Y1 didapatkan dari nilai akhir yang memiliki nilai sebesar 15 dan peringkat 2, yaitu konsep J.
b.    Konsep terpilih adalah konsep C1 yaitu menggunakan fitur tambahan yang dipilih yaitu kaca dan tutup rak, jenis material yang dipilih yaitu menggunakan kayu jati belanda, ukuran yang dipilih sesuai dengan produk Rak Toples yaitu (42x33x42) cm, dan ketahan menggunakan cat anti rayap. Konsep alternatif 1 atau Y1 memiliki fitur tambahan berupa tutup rak, jenis material yang dipilih yaitu menggunakan kayu jati belanda, ukuran yang dipilih yaitu (42x33x42) cm, dan ketahan menggunakan pernis. Konsep alternatif 2 atau C3 memiliki fitur tambahan berupa kaca dan tutup rak, jenis material yang dipiih yaitu menggunakan multipleks, ukuran yang dipilih sesuai dengan produk Rak Toples yaitu (42x33x42) cm, dan ketahan menggunakan cat anti rayap.

3.        Desain Konsep
a. Desain konsep gambar 2D konsep terpilih berdasarkan gambar 4.23, gambar 2D konsep alternatif 1 berdasarkan gambar 4.21, dan konsep alternatif 2 yaitu Gambar 4.22.
b.  Desain konsep drafting gambar 3D dari konsep terpilih dengan menggunakan software CATIA V5 yaitu berdasarkan Gambar 4.24.
4.        Peta Kerja
a.  Peta proses operasi, peta aliran proses, diagram aliran dan peta proses kelompok kerja dari video referensi produk rak toples berdasarkan Gambar 5.1 sampai Gambar 5.14.
b.  Peta pekerja dan mesin, serta peta tangan kiri dan tangan kanan dari video referensi produk rak toples berdasarkan Gambar 5.15 sampai Gambar 5.24.
5.        Design Tooling dan Pengendalian Kecelakaan Kerja
a.  Alat yang digunakan yaitu meteran dan pulpen, nail gun, spray gun. Mesin yang digunakan yaitu, mesin circular saw, mesin amplas, mesin kompresor.
b.  Alat pelindung diri yang digunakan dalam proses kerja pembuatan produk rak bumbu dapur yaitu wearpack, safety helm, sepatu safety, sarung tangan, kacamata safety, dan masker mulut, earplug, safety belt.
6.        Peta Kerja Usulan
a.  Urutan-urutan proses pada peta-peta kerja pembuatan produk rak toples terpilih adalah peta proses operasi, peta aliran proses, diagram aliran, peta proses kelompok kerja, peta pekerja dan mesin, serta peta tangan kiri dan tangan kanan.
b.    Peta-peta kerja keseluruhan berisi, peta proses operasi, peta aliran proses, diagram aliran, dan peta proses kelompok kerja dari produk rak toples.
c.  Mesin yang digunakan dari pembuatan produk rak toples terpilih yaitu mesin circular saw, mesin nail gun dan kompresor, mesin amplas, mesin spray gun.
d. Elemen gerakan yang digunakan pada peta tangan kanan dan tangan kiri dari pembuatan produk rak toples terpilih adalah menjangkau, memegang, membawa, mengarahkan, menggunakan, melepas, menunggu, memegang untuk memakai.
e.    Waktu total pembuatan produk rak toples terpilih yaitu 9,754 .
f.  Perbaikan terhadap produk rak toples dilihat berdasarkan konsep produk terpilih dengan menggunakan tabel pertanyaan perbaikan pada table 7.3.

8.2              Saran 
            Saran merupakan sebuah penyampaian sebuah pesan untuk meminimalkan kesalahan dan suatu pembelajaran agar lebih baik lagi dalam menulis Laporan Akhir Praktikum Perancangan Teknik Industri 2. Berikut ini merupakan beberapa saran-saran nya.
1.        Praktikan harus disiplin dan aktif dalam menjalankan praktikum.
2.        Mengedepankan kerja sama antar anggota kelompok dengan baik.
3.        Mengoptimalkan waktu pengerjaan laporan sementara agar dapat mengefisiensikan waktu.
4.        Praktikan sebaiknya mengikuti bimbingan dengan serius dan berkonsentrasi pada saat praktikum berlangsung.



DAFTAR PUSTAKA
Daryanto. 2002. Teknik Merawat Automobil Lengkap. Bandung: Yrama Widya.
Harwanti, Nunik. 2009. Pemakaian Alat Pelindung Diri dalam Memberikan Perlindungan Bagi Tenaga Kerja di Instalasi Rawat Inap RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta. Laporan Khusus Praktek Kerja Lapangan. Universitas Sebelas Maret.
Hoffman D.L., dan T.P. Novak. 1996. Marketing in Hypermedia Computer-Mediated Enviroments: Conceptual Foundations. Journal of Marketing.
Husni, Lalu. 2012. Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.
Jayanti, Nurma, Sulistyo Puspitodjati, Tety Elida. 2008. Teknik Klasifikasi Pohon Keputusan untuk Memprediksi Kebangkrutan Bank berdasarkan Rasio Keuangan Bank. Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma. http://repository.gunadarma.ac.id/1068 (Diakses pada tanggan 15 Desember 2018).
Nasution, Arman Hakim. 2003. Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Edisi 1. Surabaya: Guna Widya Surabaya.
Pinem, Mhd Daud. 2015. Mendesain Objek 2 & 3 Dimensi dengan CATIA. Bandung: Informatika.
Purnomo, Hari. 2004. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saefulloh, Aditya N. dkk. 2015. Usulan Perbaikan Berdasarkan Metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Untuk Area Kerja Lantai Produksi Di PT.X. Bandung: Institut Teknologi Nasional.
http://ejournal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/920/1156.pdf (Diakses pada tanggal 9 Desember 2018).
Suma’mur. 1989. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Cetakan Keempat. Jakarta: CV. Haji Mas Agung.
Sumardiyono. 2006. Panduan Praktek Gerinda 2. Surakarta: Atmipress Solo.
Sutalaksana, Iftikar Z. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Syukri, Sahab. 1997. Teknik Manajemen Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja. Jakarta : PT Bina Sumber Daya Manusia.
Ulrich, Karl T., Eppinger, Steven D. 2001. Perancangan Dan Pengembangan Produk. Jakarta: Salemba Teknika.
Wayan, I Sukarnia, dkk. 2012. Perbaikan Metode Perakitan Steker Melalui Peta Tangan Kanan dan Tangan Kiri (Improving The Plug Assembling Method Trough The Left and Right Hand Motions). Jakarta: Universitas Tarumanegara dan Universitas Kristen Krida Wacana.
Widiarto, dkk. 2008. Teknik Pemesinan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wignjosoebroto, Sritomo. 1995. Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja. Surabaya: Guna Widya.
Wijayanti, Endang. 2006. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Semarang: Nascomo Kaligawe.



No comments:

Post a Comment